Tuesday, June 22, 2010

Tanah hoek yang tricky

1 comment:

  1. Rumah Hook 10mx11,2m


    [14/09/2005 13:38 WIB]

    Assalammualaikum Wr.Wb



    Ibu Daysi Mahargyani, ST, saya sekarang memiliki tanah berukuran 10 x 11,2 m dan letaknya di hook. Kelak akan dibangun sebuah rumah dengan konsep minimalis 2 lantai dengan 3 kamar tidur (1 kamar tidur utama dilantai bawah dengan dilengkapi kamar mandi dan 2 kamar tidur di lantai atas), 2 kamar mandi (dilantai atas dan dilantai bawah), dapur, garasi mobil, carport, ruang tamu, gudang, ruang keluarga dan ruang makan. Dan kami ingin rumah kami bisa menghadap pada kedua sisi karena hook tersebut. Dengan tanah sedemikian rupa mampukah mencukupi kebutuhan yang ada dan kalo bisa tolong digambarkan sketsanya?



    Terimakasih sebelumnya.



    Wassallam,



    Dedy Iskandar



    Jawab :

    Bapak Dedy Iskandar,



    Seperti yang Bapak sebutkan, lahan Bapak berada di hook, yang berarti diapit oleh jalan di dua sisinya.. Rumah di hook memang memiliki lahan yang lebih luas, tapi sedikit tricky karena tidak seluruh lahan tersebut bisa dibangun. Itu karena adanya aturan mengenai garis sempadan bangunan. Karena tidak disebutkan, untuk sementara saya asumsikan garis sempadannya adalah 3 meter, jadi dalam jarak 3meter dari tepi lahan yang berbatasan dengan jalan tidak boleh didirikan bangunan permanen.



    Berikut saya buatkan sketsa solusi alternatif untuk menampung ruang-ruang yang Bapak Dedy butuhkan. Carport dan garasi adalah ruang yang cukup memakan tempat, di sini saya tempatkan di lahan yang berbatasan dengan tetangga, dengan bagian carport saya buat menyamping memanfaatlkan lahan di bagian sempadan. Untuk itu nantinya pintu pagar dibuat lebih lebar untuk memudahkan manuver mobil. Ruang tamu dan ruang keluarga dibuat tanpa sekat masif, namun bisa diberi vertical blind / sekat non permanen sehingga jika dibutuhkan maka kedua ruangan tersebut bisa disatukan untuk menampung tamu yang lebih banyak. Kalaupun kurang luas juga, maka sebagai alternatif ruang tamu bisa diextend ke arah garasi, dengan membuka pintu geser di dinding ruang tamu yang berbatasan dengan garasi, untuk itu tentunya garasi juga memerlukan finishing yang apik.



    Sesuai keinginan Bapak, rumah menghadap ke kedua sisi jalan, dari ruang keluarga juga terdapat pintu geser ke arah patio di taman samping yang bisa diberi meja-kursi taman untuk duduk-duduk saat cuaca cerah. Sementara tangga & kamar mandi umum berada di pojok bangunan sebagai penegas style minimalis untuk finishing luarnya.



    Ruang makan disatukan dengan dapur untuk menghemat ruang, menghadap ke taman dalam, taman ini pentinglho untuk menjaga aliran udara dan sumber cahaya supaya rumah nyaman dihuni, sehingga semua ruangan dalam rumah ini nantinya mempunyai akses bukaan sendiri-sendiri untuk udara segar dan cahaya matahari.



    Tampilan eksterior sesuai keinginan Bapak, saya buatkan sketsa alternatif design minimalis dengan pendekatan tropis. Dinding luar tangga difinish semen yang ditrowel sehingga mebentuk garis-garis horisontal, dipadukan dengan permainan perletakan glassblock sebagai sumber cahaya di ruang tangga bagian depan, dan jendela kaca panjang di sisi lainnya.

    ReplyDelete