Wednesday, June 30, 2010

Dapur modern yang sekaligus area kerja

1 comment:

  1. Rabu, 24 Maret 2010

    * Email Artikel
    * Simpan ke Kesukaan
    * Cetak Artikel

    Dapur Modern yang Sekaligus Area Kerja

    oleh: Anissa Q. Aini
    Dapur Modern yang Sekaligus Area Kerja
    Zaman sekarang dapur pun sudah jadi ruang multifungsi. Bukan cuma buat masak dan bersantap, bekerja pun bisa dilakukan di sini. Mau tahu seperti apa dapur yang bisa sekaligus jadi ruang kerja?

    Dapur yang bisa kita lihat di foto ini terletak di lahan berukuran 6m x 6m. Desainnya dibuat modern dengan island di bagian tengah. Kesan modern juga hadir dari pilihan warna, hitam dan putih, paduan abadi yang tak pernah ketinggalan zaman. Selain itu dilengkapi pula dengan counter top ekstra, di salah satu sisi dapur. Counter top ekstra inilah yang punya banyak fungsi.

    Dilengkapi dengan dua buah kursi, area ini bisa jadi sekadar area duduk. Bisa pula jadi meja saji dan sarapan. Tak tabu juga digunakan untuk bekerja. Bawa tumpukan berkas pekerjaan kantor dan laptop, mulailah bekerja di sini. Jadi, sambil menunggu masakan matang, kita bisa mengutak-atik pekerjaan. Mulai merasa bosan? Tinggalkan sejenak untuk minum dan makan kudapan. Seru, kan?

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, kalau ingin menjadikan dapur sekaligus area kerja yang nyaman. Pertama, harus selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya. Mana enak kerja di tempat yang berantakan, kotor, apalagi berbau tak sedap. Itu sebabnya, begitu selesai memasak segera bereskan dan bersihkan working table. Dengan demikian, kita bisa menggunakannya kapan saja untuk bekerja.

    Satu lagi, harus tersedia pencahayaan yang memadai. Seperti bisa dilihat di foto ini, pencahayaan yang cukup akan membuat berkegiatan di sebuah ruangan jadi lebih nyaman. Kalau melihat dari desain kursinya, sebenarnya dapur ini tidak ideal untuk bekerja dalam waktu lama. Pasalnya, punggung pasti terasa pegal. Bekerja sambil menunggu masakan, sekitar 15-45 menit masih memungkinkan, kalau lebih dari itu rasanya tidak disarankan.

    Nah, kalau memang ingin menjadikan dapur sekaligus ruang kerja, dimana kita akan menghabiskan waktu lama di sana, perhatikan pemilihan furniturnya. Salah satunya kursi. Kursi yang nyaman tentu akan membuat mood bekerja jadi lebih baik. Punggung pun tak cepat pegal. Mau membuat dapur di rumah sekaligus jadi ruang kerja? Mudah-mudahan dapur yang satu ini bisa jadi salah satu inspirasinya.

    Foto: iDEA/ Tri Rizeki Darusman

    Lokasi: Rumah Eddy Widjaja dan Cassandra, Jakarta Barat.

    Arsitek: Yanto Effendi, Hanny Limijati, dan tim Modernspace

    ReplyDelete